Author Guidelines

Persyaratan Umum : 

Standar minimun persyaratan AGROSAINS : Jurnal Penelitian Agronomi harus :

  1. Penulisan menggunakan bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris.
  2. Makalah harus diserahkan oleh penulis melalui pengiriman online.
  3. Maksimal halaman yang dikirimkan setidaknya 6 halaman dan tidak lebih dari 12 halaman.
  4. Manajemen referensi dan pemformatan menggunakan alat seperti Zotero, Mendeley, atau EndNote dengan gaya edisi APA style.
  5. Menggunakan template AGROSAINS dan Formulir Transfer Hak Cipta jika diterima.
  6. Sebuah manuskrip yang dapat diterima akan memenuhi kriteria umum berikut ini: melaporkan kontribusi yang berharga bagi sains, metodologi yang baik digunakan dan dijelaskan secara cukup rinci sehingga ilmuwan lainnya dapat mengulangi eksperimen, kesimpulan didukung oleh data, manuskrip ringkas, juga tertulis, dan bisa dimengerti

Format Manuscript :

  1. Naskah ditulis dalam 10 poin dan font arial single spasi di kertas A4. Margin di keempat sisi adalah 2 cm.
  2. Format file yang dapat diterima untuk dokumen manuskrip utama untuk semua: Microsoft Word (DOC, DOCX) dengan ukuran tidak lebih dari 8MB.
  3. Format file gambar: Pastikan file karya seni dalam format yang dapat diterima (TIFF, EPS atau file MS Office) dan dengan resolusi yang benar. Pastikan setiap ilustrasi memiliki judul. Teks keterangan disediakan secara terpisah, tidak dilampirkan pada gambar. Keterangan harus terdiri dari judul singkat (bukan pada gambar itu sendiri) dan deskripsi ilustrasi.
  4. Referensi: Harapkan minimal 15 referensi terutama dengan minimum 60% artikel jurnal internasional.
  5. Naskah harus diketik dalam satu kolom

Bagian naskah ditulis dalam urutan ini, yaitu:

  1. Judul 
  2. Penulis
  3. Abstrak
  4. Kata Kunci
  5. Running Title
  6. Pendahuluan
  7. Bahan dan Metode
  8. Hasil dan Pembahasan 
  9. Kesimpulan dan Saran
  10. Ucapan Terima Kasih
  11. Daftar Pustaka

Judul
Judul harus akurat, tidak ambigu, spesifik dan informatif. Judul menggambarkan isi penelitian dan ditulis dengan jelas dan ringkas. 

Penulis
Sebuah naskah memiliki penulis utama dan penulis bersama dengan nama lengkap penulis dan penulis bersama (tidak ada singkatan), termasuk alamat dan alamat email dengan jelas. Setiap alamat harus didahului oleh superskrip numerik yang sesuai dengan superskrip yang sama setelah nama penulis yang bersangkutan. Berikan tanda bintang (*) pada orang yang bisa dihubungi untuk korespondensi.

Abstrak
Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual. abstrak yang dikirimkan terdiri dari abstrak berbahasa indonesia dan abstrak berbahasa inggris. Abstrak sekitar 150-250 kata. Abstrak harus menyatakan secara singkat masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil utama dan kesimpulan utama. Abstrak harus ditulis sebagai paragraf tunggal dan dalam asbtark tidak adanya referensi dan singkatan yang tidak standar. 

Kata kunci
Terdiri dari 3-5 kata kunci dan ditulis jelas, singkat dan tidak terdapat di judul. Kata kunci harus mewakili konten dan sorotan artikel anda. Kata kunci ditulis alfabetis

Pendahuluan
Bagian pendahuluan harus menjelaskan: latar belakang penelitian, tujuan, ringkasan literatur yang ada, alasan mengapa penelitian itu perlu, dan hal yang baru harus dijelaskan. Pendahuluan harus ditulis menggunakan 750 hingga 1000 kata

Bahan dan Metode
Bahan dan metode berisi uraian tempat dan periode waktu penelitian, prosedur penelitian yang dilakukan memuat uraian singkat dan padat mengenai bahan dan alat utama yang digunakan, teknik dan rancangan percobaan, cara pengamatan, serta teknik analisis data. Hindari penggunaan merk dagang. Bahan dan metode ditulis menggunakan 400 hingga 600 kata.

Hasil dan Pembahasan
Hasil dan diskusi harus ditulis di bagian yang sama. Disajikan mulai dari hasil utama hingga hasil pendukung dan dilengkapi dengan diskusi. Bagian ini harus menunjukkan ketajaman analisis dan sintesis yang dilakukan secara kritis termasuk deskripsi dari temuan-temuan dari karya yang membahas tajam, hubungannya dengan konsep atau teori sebelumnya, membandingkannya secara kritis dengan karya orang lain, dan menguatkan atau mengoreksi ke temuan sebelumnya. Unit pengukuran yang digunakan harus mengikuti sistem internasional yang berlaku. Semua gambar dan tabel harus aktif dan dapat diedit oleh editor. Diskusi harus mengeksplorasi pentingnya hasil pekerjaan. Harap sorot perbedaan antara hasil atau temuan Anda dan publikasi sebelumnya oleh peneliti lain.

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan seharusnya hanya menjawab tujuan penelitian. Kesimpulannya harus dijelaskan dengan jelas. Penarikan kesimpulan berdasarkan temuan baru, yang dinyatakan secara akurat dan mendalam. Temuan baru dapat berupa teori, postulat, formula, aturan, metode, model, dan prototipe. Kesimpulan harus didukung oleh data penelitian yang memadai.

Ucapan Terima Kasih
Bagian ucapan terima kasih berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak (jika ada) yang telah membantu dalam kegiatan penelitian yang dilakukan. Pihak-pihak tersebut, misalnya penyandang dana penelitian, pakar yang berkontribusi dalam diskusi atau pengolah data yang terkait langsung dengan penelitian/penulisan

Daftar Pustaka
Rasio referensi primer dengan referensi lain harus >80% untuk meningkatkan kualitas pemikiran dan ide yang digunakan sebagai kerangka penulisan. Referensi utama adalah hasil penelitian langsung, termasuk artikel dalam jurnal ilmiah, prosiding, disertasi, tesis, monograf, buku, dan lain-lain. Referensi harus terbaru dengan proporsi >80% adalah 10 tahun terakhir sejak penelitian dilakukan. Sebaiknya membatasi jumlah pustaka yang mengacu pada diri sendiri (self citation), menghindari penggunaan sumber sekunder (pustaka di dalam pustaka) serta buku populer dan pustaka dari internet yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan. Format perujukan pustaka mengikuti cara Harvard-APA style. Format ini menggunakan nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis. Publikasi dari penulis yang sama dan dalam tahun yang sama ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b, atau c dan seterusnya tepat di belakang tahun publikasi (baik penulisan dalam daftar pustaka maupun sitasi dalam naskah tulisan). 

TEMPLATE

X