Lab. Hama Penyakit Tanaman

Laboratorium Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan merupakan laboratorium untuk mengadakan perbagai aktivitas penelitian tentang hama maupun penyakit pada tumbuhan. Laboratorium ini berada di bawah Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Aktivitas Pelayanan

melayani berbagai aktivitas dan kegiatan yang meliputi:

  1. Paktikum Mahasiswa.
  2. Penelitian Mahasiswa.
  3. Penelitian Dosen.
  4. Selain itu, Laboratorium Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan juga melayani kegiatan Praktikum dan Penelitian dari pihak luar (masyarakat umum).
  5. Laboratorium Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan juga memiliki sub layanan berupa Klinik Tanaman, yang diuraikan dalam bagian tersendiri.

Aktvitas Penelitian Unggulan

Laboratorium Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan memiliki beberapa aktivitas penelitian unggulan yang dikembangkan oleh beberapa Staff laboratorium tersebut, dengan payung Pengembangan Agens Pengendali Hayati dan Pestisida Nabati. Diantara penelitian unggulan yang dikembangkan Laboratorium Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan adalah:

  1. Pengembangan Musuh Alami Berbagai Serangga Hama Tanaman.
  2. Eksplorasi dan Pengembangan trikoderma untuk mengendalikan penyakit jamur pada tumbuhan.
  3. Eksplorasi dan Pengembangan Senyawa Antiviral untuk mengendalikan penyakit virus pada tumbuhan.
  4. Eksplorasi dan Pengembangan berbagai isolat alami virus untuk mengendalikan serangga hama, bakteri patogen, jamur pathogen, maupun virus patogen tumbuhan.
FOTO LABORATORIUM :